Halaman

Senin, 20 Februari 2012

Belajar bikin Foto Bokeh pake Pocket Camera

Setelah mencoba belajar membuat foto bokeh... saya belum berhasil juga... hehehe, maaf soalnya masih bener-bener amatir. Tetapi saya melihat suatu tanda kemajuan. Hampir berhasil saya membuat foto bokeh versi saya... Berikut saya tampilkan beberapa gambar yang saya ambil... Penjelasannya dibawah aja yah...
fokus pada sebuah uang logam dengan background lampu mobil dan jalanan pada malam hari


fokus pada sebuah senter

ini sih ga fokus kali yah.... hehehehe

apakah ini cukup bokeh?


saya paling suka dengan yang ini... gambarnya lebih fokus dan menurut saya ini lebih bokeh





Oke... itulah foto yang saya hasilkan dari kamera saku saya. Mungkin disini saya menjelaskan beberapa hal yang saya lakukan...

Saya berlatih bokeh ini di malam hari dalam mobil yang bergerak (karena saya pikir lampu-lampu mobil di depan cukup indah dan warna-warni). Oleh karenanya saya mengalami beberapa kesulitan, yaitu pertama getaran/gerakan mobil yang sangat mempengaruhi fokus. Kemudian kedua, kondisi mobil yang gelap, sehingga fokus agak sulit didapat. Ketiga, saya mengira kalau ada objek pada foto bokeh ini akan lebih menarik ketimbang tanpa objek fokus. Jadi ada objek dengan background yang bokeh gitu...

Pertama saya mensetting kamera pada mode Program dengan ISO 200, kenapa? karena menurut para fotografer profesional bilang, kalau mau bikin foto bokeh, maka apertures atau f-stop atau diafragma atau kalau saya menyebutnya dengan lebar bukaan lensa akan dipaksa untuk membuka dengan sangat lebar. Tapi ketika saya lakukan zooming eh ternyata bukaan tersebut jadi lebih kecil... tanya kenapa? nanti saya cari tahu...

Karena foto bokeh katanya mensyaratkan bukaan yang besar, maka saya pilih untuk tidak melakukan zoom sama sekali. Kemudian kedua, saya lakukan setting IS (apa yah kepanjangannya? intinya sih anti gerakan gitu). Saya set IS pada mode shoot only, karena di kamera saku yang saya gunakan ada empat mode IS yaitu shoot only, continous, panning, dan off. Saya belum tahu pasti fungsi jelas dari keempat mode IS tersebut. Tapi saya berpikir ini IS ini saya butuhkan karena posisi saya dalam kendaraan bergerak.

Oke, langkah ketiga, saya mematikan lampu flash (karena flash kayaknya ga bagus deh klo buat foto bokeh... cobain aja sendiri).

Langkah selanjutnya adalah saya setting timer foto (apa ini namanya....oh namanya self timer kalo di Canon IXUS). Setting timer ini saya set custom untuk 1 detik. Fungsinya kata orang sih kalo kita pencet tombol shutter (jepret), maka akan ada gerakan yang membuat foto kita jadi bluuur, sekalipun saya sudah menggunakan fungsi anti gerakan (shake).... ternyata benar... Maka saya menghindari gerakan tangan saya ketika memencet tombol shutter dengan menggunakan self timer. Jadi kan setelah saya menekan tombol, si kamera ga langsung menjepret, tapi dia tahan dulu satu detik barulah dia jepret, sehingga pada waktu kamera mengambil gambar, tangan saya sudah dalam posisi diam.

Kemudian, settingan White Balance saya setting pada modus mendung (karena saya ga tau mesti setting ke mode apa). Berhubung saya belum bisa untuk setting WB dalam mode custom, maka saya set seperti itu aja...settingan yang udah ada dari Canonnya....

Abis itu apa lagi yah...? Oh iya, saya gunakan mode macro pada settingan kali ini supaya bisa memfokuskan pada benda-benda yang dekat. Kemudian saya lakukan foto seperti gambar diatas... By the way, karena di dalam mobil gelap, saya menggunakan bantuan senter.....

Oke... segitu dulu pengalaman saya.. lain kali saya cerita pengalaman saya yang lain..... mohon masukan buat saya yah..... Terima kasih

2 komentar:

  1. kalau memotret barang kecil atau macro pasti nya dengan kamera seharga 800rb ke atas atau yang sudah ada fitur auto focus pasti menghasilkan bokeh... sekarang gini pertanyaan nya bos... gimana cara nya menghasilkan bokeh untuk men jepret manusia atau barang besar benda besar... dengan kamera poket atau prosumer... yang jelas non dslr.. karena bokeh main lensa ja tapi prosumer dan poket tak bisa kita ganti lensa hehehehe aku ja nyari nyari cara tak bisa juga sampai sekarang.. paling paling cuma pakai potosop hehehehe salam photograpy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bgni mas kalok untuk masalah sprti ini maka ada harga ada kualitas ini berlaku.. Kebetulan saya pengguna kamera pokrt dan prosumer ..untuk poket saya punya sony w730 untuk hasil foto tajam dan cerah saturasi sangat bagus dan untuk pemotretan makro bisa di andalkan tetapi tdk bisa d gunakan untuk foto bokeh pada brnda besar krn tdak memiliki fitur manual fokus.. Nah beda cerita dengan kamera prosumer baru saya sony rx100 m2 saya ambil dengan harga 7.5 juta sangat memuaskan hasilnya katena kualitas gambar yg setara dgn dslr low end.. Memiliki fitur full manual memungkinkan kita setting layaknya seorang pro .. Bukaan lensa yang sangat besar .. Sngat mudah untuk menciptakan latar blur atau bokeh pada nenda besar dan manusia sekalipunn.. Terimakasih ..... Salam pocketgraphy

      Hapus